Minggu, 09 April 2023

SOAL KM X GANJIL



https://pusmendik.kemdikbud.go.id/asesmenpedia/public-subject/a164fbfd-a13f-43a1-a6a6-d68e06466fbf#domain-content-head113

 https://pusmendik.kemdikbud.go.id/asesmenpedia/public-subject/question-detail/5d44fabf-151d-4563-823e-1e5f4c8162cf


Diberikan langkah-langkah melakukan percobaan sederhana dengan menerapkan langkah kerja ilmiah seperti pada gambar berikut. Dan hasil dari percobaan adalah, berdasarkan hasil experiment, telur yang awalnya tenggelam setelah ditambahkan garam telur perlahan-lahan akan melayang, dan ketika terus ditambahkan garam maka telur akan terapung.

 

Soal

Hipotesis atau anggapan dasar adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya. Dugaan jawaban tersebut merupakan kebenaran yang sifatnya sementara, yang akan diuji kebenarannya dengan data yang dikumpulkan melalui penelitian.

Berdasarkan poster yang diberikan diatas tentukan manakah hipotesa yang paling tepat dari pilihan dibawah ini.


    Albert Sudarto Salibana

    P006 | Jenjang : SMA | Mata Pelajaran : Fisika | Topik : ULANGAN HARIAN 1

    (0)
    Lihat Selengkapnya

    HAKIKAT FISIKA

    Ilmu fisika adalah ilmu pengetahuan tentang gejala alam yang dituangkan berupa fakta, konsep, prinsip dan hukum yang teruji kebenarannya dan melalui suatu rangkaian kegiatan dalam metode ilmiah. Metode ilmiah merupakan langkah atau tahap yang teratur dan sistematis yang digunakan dalam memecahkan suatu masalah ilmiah. Dalam pembelajaran fisika metode ilmiah sangat penting, hal ini disebabkan dalam pembelajaran fisika terdapat kegiatan-kegiatan percobaan untuk membuktikan suatu konsep. 

    Soal

    Berikut pernyataan yang tepat tentang langkah-langkah metode ilmiah .....


    • userimg
      Tri Herusetyawan

      @terima kasih ....ditunggu yang lain....

      Balas 5 min
    Dalvian Michael Taroreh

    FIS_X_001 | Jenjang : SMA | Mata Pelajaran : Fisika | Topik : KECEPATAN JARAK DAN WAKTU

    (0)
    Lihat Selengkapnya

    Bila sebuah benda bergerak dari titik A ke titik B melalui sebuah lintasan lurus yang jaraknya 10 meter dalam waktu 10 detik, maka dikatakan bahwa benda itu bergerak sejauh 10 meter dalam waktu 10 detik. Kalau dipukul rata, bisa dikatakan bahwa benda itu bergerak sejauh 1 meter dalam waktu 1 detik. Besaran perubahan jarak tempuh suatu benda dalam setiap satuan waktu seperti ini disebut kecepatan. Kecepatan dirumuskan dalam satuan perpindahan persatuan waktu. Satuannya bisa dinyatakan dalam m/detik, km/jam atau satuan lain sesuai kebutuhan.

                    Kecepatan yang dibahas tadi disebut kecepatan rata-rata. Kita anggap selama menempuh jarak tadi benda bergerak dengan kecepatan tetap atau tidak terlalu peduli pada kecepatannya pada setiap saat. Mungkin saja dalam jarak tertentu kecepatannya 5 m per detik, lalu saat lain kecepatannya 0,5 meter per detik. Detil itu tidak diperhatikan. Kita hanya mau tahu jarak dan waktu tempuh secara keseluruhan.

                    Kalau kita mau tahu berapa jauh benda itu bergerak pada setiap saat, maka kita harus mengukur jarak itu dalam selang waktu yang sangat pendek, misalnya selama 1 detik saja. Atau, selang waktunya kita buat lebih pendek lagi dan kita ukur selama waktu tersebut. Kecepatan ini disebut kecepatan sesaat.

                    Baik kecepatan rata-rata maupun sesaat adalah besaran penting dalam ilmu fisika. Keduanya digunakan untuk berbagai keperluan yang berbeda. Untuk mempelajari efek tumbukan antara kedua benda, misalnya, lebih penting untuk mengetahui kecepatan sesaat yaitu saat tumbukan. Sedangkan untuk perhitungan distribusi barang dalam logistic, kecepatan rata-rata lebih punya makna.

     

    Soal

    Budi mempunyai sepeda motor, iya menggunakan sepeda motor tersebut untuk pergi ke Minahasa Utara dari kota Manado. Jarak dari Manado ke Minahasa Utara  sejauh 10  km. Budi menempuh 6 km selama 40 menit pertama. Kemudian 4 km selama 20 menit berikutnya. Manakah pernyataan berikut yang benar?



      Admin Pusmenjar 1

      AP_SMA_X_IPA_FIS_01 | Jenjang : SMA | Mata Pelajaran : Fisika | Topik : Pengukuran

      (0)
      Lihat Selengkapnya

      MENENTUKAN PERCEPATAN GRAVITASI SUATU TEMPAT

      Nilai percepatan gravitasi Bumi berbeda pada lokasi yang berbeda di permukaan Bumi (Lihat gambar disamping). Variasi terjadi akibat perbedaan derajat lintang, ketinggian atau kedalam, dan geologi serta topografi lokal. Selain itu, percepatan sentrifugal yang diakibatkan oleh gerak rotasi Bumi biasanya sudah diperhitungkan dalam nilai percepatan gravitasi Bumi.

       

       

       

       

       

      Sumber :https://bumidatar.id/gravitasi-bumi

      Untuk menghitung nilai percepatan gravitasi pada suatu tempat, salah satunya dapat dilakukan melalui praktikum ayunan bandul sederhana menurut persamaan :

      \(T\ =\ 2\pi\ \sqrt{\frac{1}{g}}\)

      Dengan T = periode ayunan bandul (s-1)

                     l = panjang tali ayunan bandul (m)

                     g = percepatan gravitasi (m/s2)

      Prosedur praktikum untuk mengetahui pengaruh panjang tali terhadap periode ayunan bandul:

      Simpangkan tali sepanjang l yang telah diberi beban bermassa m,  dengan sudut simpangan θ tertentu, lalu hitung periode ayunan  bandul T selama waktu tertentu.

      Soal

      Dari uraian diatas, variabel bebas - variabel terikat - variabel kontrol nya adalah ….



      Besaran dan Satuan

      Soal

      Jelaskan yang dimaksud dengan besaran pokok!


        Daud Patasik

        XF001 | Jenjang : SMA | Mata Pelajaran : Fisika | Topik : Pengukuran Dasar

        (0)
        Lihat Selengkapnya

        Besaran dan Satuan

        Besaran terdiri atas:

        a. Besaran pokok:

        Nama Besaran Satuan Lambang Satuan  Dimensi
        Panjang Meter m L
        Massa Kilogram kg M
        Waktu sekon/detik s/det T
        Suhu Kelvin K

        q

        Kuat Arus Listrik Ampere A I
        Intensitas Cahaya Kandela Cd J
        Jumlah Zat Mole mol N

         b. Besaran turunan

        Nama Besaran Satuan Lambang Satuan
        Luas meter2 m2
        Volume meter3 m3
        Massa Jenis kilogram/meter3 kg/m3
        Gaya kilogramxmeter/sekon2 (Newton) kgm/s2 (N)
        Kecepatan meter/sekon m/s
        Percepatan meter/sekon2 m/s2
        Tekanan kilogram/meter/sekon2(Pascal) kg/m/s2 (Pa)
        Usaha kilogram meter2/sekon2 (Joule) kg m2/s2 (J)
        Energi kilogram meter2/sekon2 (Joule) kg m2/s2 (J)

         

        Soal

        Di bawah ini yang merupakan dimensi dari besaran turunan!

        Klik Benar atau Salah pada setiap pernyataan berikut!






























        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar